Skip to toolbar

Perencanaan dan Pengembangan Wilayah

 SILABUS MATA KULIAH

PERENCANAAN WILAYAH (PNB-1601)

JURUSAN AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNEJ

Koordinator MK : Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS.

Kompetensi

  • Standar Kompetensi yang ditetapkan untuk mata kuliah ini adalah, bahwa mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan dengan baik (a) berbagai konsepsi pembangunan, terutama pembangunan nasional, perencanaan pembangunan nasional dan pembangunan daerah (wilayah) serta teori-teori spasial dalam pembangunan wilayah, dan (b) mampu menganalisis pembangunan wilayah berdasarkan konsepsi perencanaan dan teori-teori wilayah serta berbagai analisis lokasi/spasial. Kajian dilakukan melalui landasan elemen kepribadian, elemen kompetensi penguasaan ilmu dan keterampilan, elemen kompetensi kemampuan berkarya, dan elemen kompetensi sikap dan perilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu dan keterampilan yang dikuasai.  

 

  • Kompetensi Dasar yang akan dicapai oleh mata kuliah ini adalah (a) mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang pengertian dan berbagai teori pembangunan, khususnya pembangunan ekonomi (b) mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan tentang aspek-aspek terkait manajemen dalam lingkup konsepsi, paradigma, sistem, proses, mekanisme, siklus, organisasi, dan evaluasi pembangunan (ekonomi) nasional maupun pembangunan ekonomi daerah (wilayah) dan penganggarannya, (c) mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan pengertian, hakekat dan landasan ilmu ekonomi wilayah (regional economics), konsepsi wilayah (region), hubungan antara wilayah, deliniasi wilayah dan perkembangan ekonomi wilayah, (d) mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan beberapa analisis penting dalam ilmu wilayah dan pertumbuhan ekonomi wilayah.
  • Indikator Kompetensi yang ditetapkan adalah bahwa mahasiswa dapat memahami, menjelaskan dan menganalisis materi pokok dari substansi kajian ilmu perencanaan pembangunan wilayah, baik secara lisan maupun tertulis.

 

  1. Deskripsi Materi Perkuliahan mencakup semua aspek tentang substansi kajian dan konsepsi ilmu perencanaan dan pembangunan wilayah, khususnya kompetensi yang terkait dengan pembangunan bidang agribisnis. Secara umum, diskripsi tersebut mencakup:

 

  1. PENGERTIAN DAN BERBAGAI TEORI PEMBANGUNAN, KHUSUSNYA PEMBA-NGUNAN EKONOMI: mencakup pengertian pembangunan ekonomi, persyaratan dasar pembangunan ekonomi, pengertian pertumbuhan ekonomi, berbagai teori yang penting dalam pembangunan ekonomi (Klasik, neoklasik, Marxis, Keynes, Rostow, dsb). Beberapa model pertumbuhan ekonomi. Kebijakan-kebijakan yang diperlukan dalam pembangunan baik domestik maupun internasional.

 

  1. ASPEK-ASPEK TERKAIT MANAJEMEN DALAM LINGKUP KONSEPSI, PARADIGMA, SISTEM, PROSES, MEKANISME, SIKLUS, ORGANISASI, DAN EVALUASI PEMBA-NGUNAN (EKONOMI) NASIONAL MAUPUN PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH (WILAYAH) DAN PENGANGGARANNYA: mencakup filosofi dan bentuk-bentuk perencanaan pembangunan, Konsepsi perencanaan Pembangunan, Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), mekanisme Perencanaan Pembangunan Nasional (RPJP, RPJM, RKP), mekanisme Perencanaan Pembangunan Daerah, siklus, organisasi, evaluasi dan Mekanisme dan proses Penganggarannya.

 

  1. PENGERTIAN, HAKEKAT DAN LANDASAN ILMU EKONOMI WILAYAH (REGIONAL ECONOMICS), KONSEPSI WILAYAH (REGION), HUBUNGAN ANTARA WILAYAH, DELINIASI WILAYAH DAN PERKEMBANGAN EKONOMI WILAYAH, mencakup pengertian, hakekat dan landasan ilmu ekonomi regional secara umum (sifat, tipe, hirarki dan kategori wilayah), hubungan anytar wilayah (vertikal, horisontal, komplementer) dan susunan ruang wilayah. Beberapa analisis deliniasi wilayah untuk keperluan perencanaan. Perkembangan wilayah dan kategorisasi wilayah untuk kasus Indonesia.

 

  1. BEBERAPA ANALISIS PENTING DALAM ILMU WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH: mencakup analisis pertumbuhan wilayah, analisis lokasi industri, berbagai analisis spasial bagi perkembangan wilayah.

 

  1. Kegiatan Pembelajaran meliputi kuliah/ceramah dan diskusi, sebanyak 15 kali @ 100 menit tatap muka.

 

  1. Penilaian (asesmen),yang dilakukan selama proses pembelajaran berupa tugas-tugas pada setiap sub pokok bahasan, hasil ujian tengah semester, hasil ujian akhir semester dan hasil akhir kegiatan praktikum Perencanaan Wilayah. Penilaian meliputi kuis/tugas/pekerjaan rumah/diskusi/presentasi 20 persen, Praktikum 20 persen, Ujian Tengah Semester 25 persen, dan Ujian Akhir Semester 35 persen. Sistem penilaian mengikuti pedoman penilaian dalam Kurikulum Fakultas Pertanian Universitas Jember.

 

Referensi

 

  1. J. Malcolm Dowling and Rebecca Valenzuela., 2004. Economic Development in Asia. Thomson Learning Office in Asia, Singapore.

 

  1. Michael P. Todaro and Stephen C. Smith. 2006. Economic Development. Pearson Education Ltd, England.

 

  1. Debraj Ray. 1998. Development Economics. Princeton University Press, Princeton, New Jersey.

 

  1. Jhingan, M.L. 2000. Ekonomi Pembangunan dan Perencanaan. Terjemahan dari The Economics of Development and Planning. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta.

 

  1. Riant Nugroho dan Randy R. Wrihatnolo. 2011. Manajemen Perencanaan Pembangunan. Panduan Menyususn Dokumen Rencana Pembangunan Menurut Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN). Penerbit PT Elex Media Komputindo, Kompas Gramedia, Jakarta.

 

  1. Rudi Wibowo dan Jani Januar. 1998. Teori Perencanaan Pembangunan Wilayah. Jurusan Ilmu-Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jember,

 

  1. Rudi Wibowo dan Soetriono. 2004. Konsep, Teori dan Landasan Analisis Wilayah. Bayumedia Publishing, Malang.

 

  1. Indra Bastian. 2006. Sistem Perencanaan dan Penganggaran Pemerintahan Daerah di Indonesia. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.

 

  1. Dedi NS. Setiono. 2011. Ekonomi Pengembangan Wilayah : Teori dan Analisis. LPFE UI, Jakarta.

 

  1. Hoover, Edgar & Frank Giarattani. 1987. An Introduction to Regional Economic. web book : www.rri.wvu.edu

 

  1. Mudrajad Kuncoro. 2002. Analisis Spasial dan Regional : Studi Aglomerasi dan Kluster Industri Indonesia. UPP AMP YKPN, Yogyakarta.

 

  1. Robinson Tarigan. 2012. Ekonomi Regional : Teori dan Aplikasi. PT Bumi Aksara, Jakarta.

 

  1. Robinson Tarigan. 2010. Perencanaan Pembangunan Wilayah. PT Bumi Aksara, Jakarta.

 

  1. PENGERTIAN DAN BERBAGAI TEORI PEMBANGUNAN, KHUSUSNYA PEMBANGUNAN EKONOMI: mencakup pengertian pembangunan ekonomi, persyaratan dasar pembangunan ekonomi, pengertian pertumbuhan ekonomi, berbagai teori yang penting dalam pembangunan ekonomi (Klasik, neoklasik, Marxis, Keynes, Rostow, dsb). Beberapa model pertumbuhan ekonomi. Kebijakan-kebijakan yang diperlukan dalam pembangunan baik domestik maupun internasional.

 

  1. Kontrak Perkuliahan dan Penjelasan Umum Mata Kuliah, penjelasan silabi mata kuliah. Review umum tentang pembangunan, pertumbuhan, teori-teori pembangunan ekonomi dan dinamikanya.

 

  1. Beberapa Teori Pembangunan Ekonomi, mencakup beberapa teori yang penting untuk dibahas yaitu Teori Klasik (Adam Smith, Ricardian, Malthus), Teori Marxis, Teori Rostow, Teori Boeke, Teori Ekonomi Institusi.

 

  1. Beberapa Teori Pertumbuhan Ekonomi, mencakup beberapa teori pertumbuhan ekonomi yang relevan, seperti Teori Harrod-Domar, Teori Distribusi Kaldor, Teori Pertumbuhan NeoKlasik, dan Teori pertumbuhan Solow, serta teori lain yang dianggap relevan.

 

  1. Instrumen kebijakan yang diperlukan dalam pembangunan, mencakup instrumen kapital/modal dan investasi, instrumen fiskal dan moneter, instrumen penduduk dan sumberdaya manusia terkait produktivitas, pengangguran dan kemiskinan, instrumen-instrumen terkait dengan internasionalisasi.

 

 

 

  1. ASPEK-ASPEK TERKAIT MANAJEMEN DALAM LINGKUP KONSEPSI, PARADIGMA, SISTEM, PROSES, MEKANISME, SIKLUS, ORGANISASI, DAN EVALUASI PEMBANGUNAN (EKONOMI) NASIONAL MAUPUN PEMBANGUNAN EKONOMI DAERAH (WILAYAH) DAN PENGANGGARANNYA: mencakup filosofi dan bentuk-bentuk perencanaan pembangunan, Konsepsi perencanaan Pembangunan, Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), mekanisme Perencanaan Pembangunan Nasional (RPJP, RPJM, RKP), mekanisme Perencanaan Pembangunan Daerah, siklus, organisasi, evaluasi dan Mekanisme dan proses Penganggarannya.

 

  1. Tinjauan Umum tentang Perencanaan, mencakup filosofi dan bentuk-bentuk perencanaan pembangunan, konsepsi perencanaan Pembangunan baik berbasis Pendekatan Proses maupun Berbasis Kinerja.

 

  1. Review Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional (SPPN), mencakup pemahaman, pengaturan, proses perencanaan dan siklus perencanaan pembangunan nasional, serta mekanisme SPPN (RJP, RPJM, RKP). Review penganggaran SPPN.

 

  1. Review Sistem Perencanaan Pembangunan Daerah mencakup pemahaman, pengaturan, proses perencanaan dan siklus perencanaan pembangunan daerah, serta mekanisme perencanaan pembangunan daerah (RJPD, RPJMD, RKPD). Review Penganggaran SPPD.

 

  1. PENGERTIAN, HAKEKAT DAN LANDASAN ILMU EKONOMI WILAYAH (REGIONAL ECONOMICS), KONSEPSI WILAYAH (REGION), HUBUNGAN ANTARA WILAYAH, DELINIASI WILAYAH DAN PERKEMBANGAN EKONOMI WILAYAH, mencakup pengertian, hakekat dan landasan ilmu ekonomi regional secara umum (sifat, tipe, hirarki dan kategori wilayah), hubungan anytar wilayah (vertikal, horisontal, komplementer) dan susunan ruang wilayah. Beberapa analisis deliniasi wilayah untuk keperluan perencanaan. Perkembangan wilayah dan kategorisasi wilayah untuk kasus Indonesia.

 

  1. Review Ilmu Ekonomi Wilayah, mencakup pengertian, hakekat dan landasannya. Hubungan antara wilayah dan deliniasi wilayah.

 

  1. Review Ilmu Ekonomi Wilayah (lanjutan), mencakup analisis deliniasi wilayah untuk keperluan perencanaan pembangunan wilayah, teori lokasi, beberapa contoh kategorisasi wilayah untuk kasus Indonesia.

 

  1. Dinamika Pengembangan Ekonomi Wilayah, mencakup berbagai contoh pengembangan ekonomi wilayah seperti Growth Pole, Wilayah (Kawasan) Ekonomi Khusus atau Berikat, Kluster, dan konsentrasi ruang wilayah.

 

 

 

  1. BEBERAPA ANALISIS PENTING DALAM ILMU WILAYAH DAN PERTUMBUHAN EKONOMI WILAYAH: mencakup analisis pertumbuhan wilayah, analisis lokasi industri, berbagai analisis spasial bagi perkembangan wilayah.

 

  1. Beberapa Analisis Ekonomi Spasial, mencakup Analisis Biaya Minimum (Von Thunnen, Weber, Hoover), Analisis Laba Maksimum dari Losch, Analisis Ketergantungan Lokasi Hotelling,  analisis Heuristics dan lainnya.

 

  1. Model-Model Analisis Perencanaan Pertumbuhan Wilayah, mencakup pemahaman dan analisis tentang multiplier, analisis pengukuran dan klasifikasi industri (Location Quotient), dan Analisis Basis Ekonomi (Economic Base Analysis).

 

  1. Model Analisis Perencanaan Sektoral/Wilayah, dibahas landasan, asumsi analisis Input-Output.

 

  1. Model Analisis Perencanaan Sektoral/Wilayah, lanjutan, contoh aplikasi Input-Output dalam perencanaan pembangunan sektoral/wilayah.

Koordinator MK

 

Prof. Dr. Ir. Rudi Wibowo, MS.

============================================

 

Materi perkuliahan_Julian Adam Ridjal :

  1. Materi 5_Nilai sewa Lahan_Thunen & Berbasis BB_Weber
  2. Materi 6_Teori Basis Ekonomi
  3. Materi 7_Analisis SHift SHare