Skip to toolbar

Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis

RANCANGAN PEMBELAJARAN SEMESTER (RPS)

Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis

 

Nama MK : Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis
Kode MK :  PNB 1605
Program Studi : Agribisnis
Elemen Kompetensi : Untuk mencapai elemen kompetensi Landasan Kepribadian (LK), Sikap dan prilaku dalam berkarya menurut tingkat keahlian berdasarkan ilmu  dan keterampilan yang  dikuasai (SPB) dan pemahaman dalam                                  kaidah  kehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian berkarya BB)
Standar Kompetensi : Setelah menempuh substansi kajian/mata kuliah Manajemen Pemasaran dan Rantai Pasok Agribisnis mahasiswa mampu menjelaskan, mengkonstruksikan konsep pemasaran agribisnis, manajemen pemasaran dan manajemen rantai pasok agribisnis.
Bobot : 4 (3 – 1) SKS
Semester : Genap
Prasyarat :
Koordinator MK : Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur.M.

 

 

Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
1 Menjelaskan Konsep dan Ruang Lingkup Pemasaran dan Hubungannya dengan Sistem Agribisnis KOGNITIF DAN SIKAP a.     Definisi Pemasaranb.    Ruang Lingkupc.     Pemasaran sebagai bagian Sistem Agribisnis

 

Discovery learning 

 

 

Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
2 Menjelaskan Pendekatan, Sistem dan Lingkungan Pemasaran KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK a.       Berbagai Pendekatan dalam Pemasaranb.      Sistem, dan Falsafah Pemasaranc.       Lingkungan Dalam Pemasaran

d.      Lingkungan Luar Pemasaran

e.      Analisis Sistem Lingkungan Pemasaran

 

·      Discovery learning;·      Problem Based Learning;·      Simulasi.
3 Menjelaskan Struktur Pasar, Informasi Pasar dan Sistem Harga  

KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK

a.       Jenis dan Strukturb.      Segmentasi Pasarc.       Jenis dan fungsi  Informasi Pemasaran

d.      Prosedur & Metode Dasar Penentuan Harga

e.      Kebijaksanaan  & Strategi Harga

·         Discovery learning;·         Problem Based Learning

 

 

Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
4-5 Mampu Menjelaskan Pemasaran dan Saluran Pemasaran dalam Agribisnis KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK a.       Pemasaran Agribisnisb.      Karakteristik Produk  Pertanian dan Agroindustric.       Jenis Saluran

d.      Faktor Yang Mempengaruhi Saluran

e.      Penentuan Banyaknya Saluran

·      Discovery learning;·      Problem Based Learning
6-7 Mampu Menganalisis Efisiensi Saluran dan Margin Pemasaran dalam Agribisnis KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK a.       Konsep efisiensi pemasaranb.      Analisis Margin Pemasaranc.       Analisis Efisiensi Pemasaran

d.      Analisis Transmisi dan Integrasi Pasar

SCP

·      Discovery learning;·      Problem Based Learning
Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
8 UTS ·       
9-10 Mampu Menjelaskan Bauran dan Strategi Pemasaran dalam Agribisnis KOGNITIF  DAN SIKAP a.       Bauran Pemasaranb.      Strategi Pemasaran dalam Agribisnis ·         Discovery learning; 
11-12 Mampu Menjelaskan Pengertian Rantai Pasok dan Managemen Rantai Pasok KOGNITIF  DAN SIKAP a.       Definisi Rantai Pasokb.      Permasalahan Pada Rantai Pasok Tradisionalc.       Pendekatan Sistem dalam Managemen Rantai Pasok

d.      Fungsi Manajemen Rantai Pasok

e.      Strategi Dasar Manajemen Rantai Pasok

·      Discovery learning; 

 

 

Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
13 Mampu Menjelaskan Pengendali Rantai Pasok Dan Menganalisis  Penciptaan Nilai Tambah KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK a.       Pengendali Rantai Pasokb.      Rantai Pasok (Supply Chain) dan Rantai Nilai (Value chain)c.       Definisi Nilai Tambah

d.      Analisis dan Pengukuran Nilai Tambah

·      Discovery learning;·      Problem Based Learning

 

 

Minggu Kemampuan akhir yang diharapkan Materi/Pokok Bahasan Strategi Pembelajaran
14-15 Mampu Menjelaskan dan Menganalisis  Rantai Pasok dalam Agribisnis Secara Holistik (Integral) KOGNITIF  DAN PSIKOMOTORIK a.       Kompleksitas Jaringan Rantai Rasok Agibisnisb.      Struktur dan Karakeristik Rantai Pasok Agribisnisc.       Mekanisme dan Kelembagaan Rantai Pasok Agribisnis

d.      Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Rantai Pasok Agribisnis

e.      Menganalisis dan Merekomendasikan Strategi Managemen Rantai Pasok Agribisnis yang Efektif

·      Discovery learning;·      Problem Based Learning
16 UAS  

 

Referensi

 

  1. Ayers, 2002, Handbook of Supply Chain Management (Second Edition), CRC Press.
  2. Chandrasekaran and Raghuram, 2014, Agribusiness Supply Chain Management, CRC Press, Taylor and Francis Group.
  3. Daum, Juergen H., 2003, Intangible assets and value creation. John Wiley & Sons.
  4. Gumbira, E., and A. Harizt Intan,. (2001), “Manajemen Agribisnis.” Ghalia Indonesia. Jakarta.
  5. Gumbira-Sa’id, E., Bantacut, T., & Hasbullah, R. (2007). Manajemen Rantai Pasok Beras dan Fitur Terminal Agribisnis Biji-Bijian. Agrimedia, Majalah Agribisnis, Manajemen dan Teknologi. Desember, 12(2)
  6. Handfield, R.B.; Nichols, E.L., 1999, Introduction to supply chain management: Prentice Hall, Upper Saddle River.
  7. Hudiyanto, H. dan Sussanto, H., Pengantar Manajemen Pemasaran, Gunadarma Press, Jakarta
  8. Indrajit, R. E., & Djokopranoto, R. (2002). Konsep Manajemen Supply Chain: Strategi Mengelola Manajemen Rantai Pasokan Bagi Perusahaan Modern di Indonesia. Grasindo. Jakarta.
  9. Kotler, P. (1997). Manajemen Pemasaran. PT Prehallindo. Jakarta.
  10. Kotler, P. (1992). Manajemen Pemasaran analisis, perencanaan dan pengendalian. Jakarta: Erlangga.
  11. Kotler, Philip and Gary Amstrong. “Prinsip-Prinsip Pemasaran.” Alih Bahasa Damos Sihombing. Edisi Kedelapan. Erlangga. Jakarta (2001).
  12. Marimin, M., N. Maghfiroh (2010), Aplikasi Teknik Pengambilan Keputusan Dalam Manajemen Rantai Pasok.
  13. Mentzer, JT (ed.) 2001, Supply chain management, Sage Publication, Thousand Oaks, London, New Delhi.
  14. Mentzer, JT, DeWitt, W, Keebler, JS, Min, S, Nix, NW, Smith, CD & Zacharia, ZG 2001, ‘Defining supply chain management’, Journal of Business Logistics, vol. 22, no. 2, pp. 1-25.
  15. Michael O’Keeffe, (1998) “Establishing supply chain partnerships: lessons from Australian agribusiness”, Supply Chain Management: An International Journal, Vol. 3 Iss: 1, pp.5 – 9
  16. van Roekel, J., Willems, S., & Boselie, D. M. (2002). Agri-Supply Chain Management to Stimulate Cross-Border Trade in Developing Countries and Emerging Economies. World bank.

 

 

Koordinator MK

 

 

Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur.M.

 

Materi SCM dari Dr. Ir. Joni Murti Mulyo Aji, M.Rur.M :

1. Manajemen Rantai Pasok Pertanian

 

Materi dari Julian Adam Ridjal :

1. Manajemen Rantai Pasok (SCM)

2. Analisis Nilai Tambah

 

==========================================

Tambahan Materi Manajemen Pemasaran (khusus kelas Agrotek) :

1. Kuliah Manajemen Pemasaran_1

2. Kuliah Manajemen Pemasaran_2

3. Kuliah Manajemen Pemasaran_3