Skip to toolbar

Sekilas tentang Per-GULA-an Jember

cover-sekilas-gula-jember_001

Sekilas tentang Per-GULA-an Jember

Julian Adam Ridjal

PS Agribisnis Universitas Jember

http://adamjulian.web.unej.ac.id

Gula merupakan produk utama dari tebu. Tebu menurut catatan sejarah telah lama diusahakan di Jawa, sejak pada jaman Aji Saka di tahun 75 M. Ada beberapa sumber yang memperkirakan bahwa tebu berasal dari India, tetapi ada juga yang mencatat bahwa tebu merupakan tanaman asli dari Irian Jaya (Papua) sebagai tanaman liar. Tahun 895 M, gula mejadi komoditas perdagangan di Nusantara dengan bahan baku dari tebu dan kelapa. Catatan Marcopolo pada saat datang di Jawa pada tahun 1285 M bahwa di Jawa belum berkembang industri gula seperti di Cina dan India. Sehingga bisa digambarkan bahwa perkembangan industri gula di India lebih dahulu ada dan berkembang sebelum Indonesia. Bangsa Eropa berdatangan ke Nusantara sekitar abad ke-17, dan memperebutkan harta “gula” dari para perantauan Cina. Saat itu diperkirakan terdapat 1400 pabrik gula yang telah dikembangkan oleh perantauan Cina. Sejak penguasaan bangsa Eropa itulah jaman monopoli dengan penerapan perbudakan (tanam paksa) mulai dirasakan bagi petani Nusantara.

Produksi Gula Nasional

Gula sebagai produk utama tebu yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, baik dikonsumsi langsung maupun sebagai bahan baku industri makanan dan minuman. Produksi gula nasional Indonesia mencapai 1,9 juta ton (Agribisnis Tebu, 2005). Sebagian besar produksi gula nasional terdapat di Jawa. Produksi gula di Jawa sekitar 70 persen lebih dari Propinsi Jawa Timur. Atau dengan kata lain, Jawa Timur masih menjadi sentra produksi gula nasional, dengan kontribusi sekitar 45-53 % dari total produksi gula nasional. Data pabrik gula yang ada di Indonesia tahun 2004 tercatat bahwa di Jawa terdapat 46 pabrik gula yang masih aktif beroperasi dan 11 pabrik gula yang tidak beroperasi. Sedangkan di Luar Jawa terdapat 12 pabrik gula yang masih beroperasi dan 1 pabrik gula yang tidak beroperasi (P3GI, 2004).

Bagaimana histori dari PG yang ada di Kabupaten Jember ?. Perkembangan yang ada hingga saat ini tentang PG di Kabupaten Jember masih terlihat baik dari produktifitas yang dihasilkan yakni cakupan area daerah perkebunan (daerah penanaman tebu) dan kapasitas pabrik.

download file selengkapnya di : Sekilas tentang per-GULA-an Jember